Warga Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel di Perbatasan Gaza

Gaza – Seorang warga Palestina tewas terkena tembakan tentara-tentara Israel dalam bentrokan yang terjadi di perbatasan Gaza.

Juru bicara Kementerian Kesehatan di Gaza, Ashraf al-Qudra menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (26/1/2019), pria Palestina bernama Ehab Abed (25) tewas akibat tembakan tentara Israel di sebelah timur Rafah, Gaza bagian selatan pada Jumat (25/1) waktu setempat.

Seorang jurnalis AFP yang berada di rumah sakit mengatakan bahwa korban terkena tembakan di bagian dada.


Dalam insiden tersebut, ribuan demonstran Palestina berkumpul di sejumlah lokasi di sepanjang perbatasan Gaza. Pasukan Israel menggunakan gas air mata dan peluru timah panas untuk memaksa para demonstran mundur dari perbatasan.

Di hari yang sama, pasukan Israel menembak mati seorang remaja Palestina dan melukai seorang lainnya di wilayah Tepi Barat. Militer Israel menyebut kedua warga Palestina itu ditembak saat mereka melemparkan batu-batu ke para pengendara Israel.

“Tentara-tentara merespons dengan menembaki tersangka-tersangka, yang kemudian mendapat perawatan medis. Salah satu tersangka kemudian meninggal akibat luka-lukanya dan seorang lainnya terluka,” demikian pernyataan militer Israel seperti dilansir kantor berita AFP.

Militer Israel menambahkan bahwa pihaknya tengah menyelidiki insiden yang terjadi pada Jumat (25/1) tersebut.

Menurut warga desa Silwad, timur laut kota Ramallah yang merupakan desa asal korban, remaja Palestina yang ditembak mati tersebut bernama Ayman Hamed yang berumur 17 tahun. Belum diketahui bagaimana kondisi warga Palestina yang terluka.

Militer Israel menyatakan, aksi pelemparan batu tersebut diarahkan ke lalu lintas di jalan raya 60, jalan utama utara-selatan yang melintasi Tepi Barat yang berdekatan dengan Silwad dan banyak dilalui para pengendara Israel.

(ita/ita)