Sampah yang Tutupi Permukaan Sungai Aji Kendal Akhirnya Dikeruk

loading…

Anggota TNI,ormas, dan warga bergotong-royong mengangkat sampah di Sungai Aji, Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah, Jumat (30/11/2018). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO

KENDAL – Penumpukan sampah di Sungai Aji, Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah direspons pemerintah setempat. Sampah dari berbagai jenis yang menutupi permukaan air sungai mulai dikeruk, Jumat (30/11/2018).

Pengerukan sampah mengandalkan tenaga manusia karena alat berat yang seharusnya dikerahkan, tidak bisa diturunkan karena jalan di sekitar sungai sedang diperbaiki. Anggota TNI, organisasi kemasyarakatan (ormas), dan warga turun langsung ke sungai untuk mengambil sampah. Satu per satu sampah rumah tangga, kayu, plastik, dan perabot rumah tangga yang dibuang ke sungai diangkat untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Sekretaris Kecamatan Kaliwungu Selatan, Krenggo Karjilah mengatakan, sampah di sepanjang Sungai Aji sudah sangat mengkhawatirkan. Dibutuhkan alat berat untuk membersihkan sungai mengingat volume sampah yang sangat banyak. Namun setelah berkoodinasi dengan dinas terkait, alat berat tidak bisa diturunkan mengingat jalan di sekitar sungai baru selesai dibeton dan belum selesai pengerjaannya.

“Karena itu pengerukan sampah dilakukan secara manual. Memang tidak maksimal tapi setidaknya bisa mengurangi volume sampah yang ada di aliran Sungai Aji,” katanya, Jumat (30/11/2018).

Karena dilakukan secara manual, pengerukan sampah ini akan dilakukan berkelanjutan hingga sungai benar-benar bersih. Krenggo mengimbau warga sepanjang aliran sungai untuk tidak membuang sampah ke sungai agar aliran air tidak tersumbat dan mengakibatkan banjir.

Seperti diberitakan, warga pinggir Sungai Aji Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal mengeluhkan bau busuk sampah yang menumpuk di sungai. Volume sampah sangat banyak sehingga menutupi permukaan air sepanjang 200 meter badan sungai. Sampah-sampah ini diduga berasal dari wilayah atas Kaliwungu dan terbawa arus ketika hujan deras. (Baca juga: Sampah Kayu hingga Kasur Menumpuk Tutupi Permukaan Sungai)

(amm)