Panjat Gedung Tertinggi di Manila, Alain Si ‘Spiderman Prancis’ Ditangkap

Manila – Alain Robert yang dijuluki ‘Spiderman Prancis’ kembali melakukan aksi nekat memanjat salah satu gedung tertinggi di Manila, Filipina. Namun Robert ditangkap polisi Filipina setelah menyelesaikan aksinya yang menantang maut ini.

Seperti dilansir AFP, Selasa (29/1/2019), Robert yang kini berusia 56 tahun nekat memanjat gedung GT Tower yang memiliki 47 lantai dengan ketinggian 217 meter, tanpa alat-alat keselamatan. Aksinya pada Selasa (29/1) waktu setempat membuat orang-orang berdecak kagum sambil menahan kekhawatiran.

“Ini adalah jalur saya, ini cara saya hidup. Ini sama pentingnya bagi saya seperti makan, tidur. Saya butuh ini. Ini membuat saya tetap hidup,” ucap Roberts kepada wartawan setempat setelah dia menyelesaikan aksinya.


Namun sayangnya, Kepolisian Filipina tidak ikut antusias dengan aksi Robert ini. Polisi menangkap Robert sesaat setelah dia mencapai lantai dasar, usai melakukan pemanjatan dan turun kembali ke bawah selama dua jam penuh.

Robert ditangkap atas dakwaan mengganggu ketertiban umum. Saat ini dia masih menunggu keputusan dari jaksa setempat soal uang jaminan.

Alain Robert saat memanjat gedung GT Tower di ManilaAlain Robert saat memanjat gedung GT Tower di Manila Foto: Marischelle Macapagal/via REUTERS

Diketahui bahwa Robert telah memanjat lebih dari 100 gedung, termasuk Bakrie Tower di Jakarta tahun 2012 lalu, tanpa tali maupun perlengkapan keselamatan lainnya. Menurut Guinness World Records, Robert telah mencetak rekor sebagai manusia yang ‘memanjat gedung paling banyak tanpa bantuan’.

Gedung-gedung terkenal yang sukses dipanjat Robert antara lain Eiffel Tower, Sydney Opera House, Menara Kembar Petronas dan Burj Khalifa. Untuk aksinya di Burj Khalifa, Robert menggunakan alat khusus bernama suction device dan memakai tali pengaman karena gedung itu tidak memiliki pegangan untuk tangan atau pijakan untuk kakinya.

Namun pada Juni tahun lalu, Robert gagal menyelesaikan aksinya di Seoul, Korea Selatan (Korsel) karena dia dipaksa berhenti oleh otoritas keamanan setempat sebelum berhasil memanjat Lotte World Tower yang memiliki 123 lantai.

Saat melakukan aksi-aksi nekatnya, Robert telah beberapa kali jatuh dan dia menyebut insiden-insiden itu membuatnya 66 persen cacat. Robert juga sudah berkali-kali ditangkap saat melakukan aksinya di berbagai negara.

Alain Robert saat ditangkap polisi Filipina usai memanjat Gedung GT Tower di ManilaAlain Robert saat ditangkap polisi Filipina usai memanjat Gedung GT Tower di Manila Foto: REUTERS/Eloisa Lopez

(nvc/dhn)