KBRI Kopenhagen Gaet Wisatawan Lithuania ke Indonesia

Kopenhagen – Dubes RI untuk Denmark, M. Ibnu Said mengundang masyarakat Lithuania untuk berkunjung ke Indonesia guna meningkatkan people-to-people contact, serta menciptakan pemahaman yang lebih baik antara masyarakat kedua negara.

“Indonesia menawarkan obyek pariwisata yang sangat beragam, dengan 10 daerah tujuan wisata baru yang tersebar dari Barat ke Timur Indonesia”, ujar M. Ibnu Said, Dubes RI untuk Denmark dengan akreditasi Lithuania, dalam sambutannya saat Table-Top-Meeting pada pameran pariwisata Adventur 2019 di Vilnius, Lithuania.

Di hadapan para peserta Table-Top-Meeting yang tidak hanya terdiri dari Travel Agent/Travel Operator (TA/TO), tetapi juga pengunjung yang memenuhi ruangan, dua Tour Operator yang bekerja sama dengan KBRI Kopenhagen, Be Wish dan Asienparadisresor, memaparkan tentang Indonesia.

“Bali memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan Lithuania yang menyukai kombinasi wisata alam dan budaya,” ujar Nyoman Sukarba, Direktur Be Wish dalam siaran pers KBRI Kopenhagen yang diterima detikcom. Senin (28/1/2019).

Sedangkan Sales Manager Asien Paradisresor, Henrik Helin, menawarkan paket dengan tujuan wisata lainnya di Indonesia yang memiliki kekhasan dan keindahan tersendiri.

Foto: KBRI Kopenhagen

Diakui oleh seluruh peserta yang hadir bahwa kegiatan Table Top Meeting telah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Indonesia, serta meningkatkan citra Indonesia sebagai salah satu negara tujuan utama pariwisata bagi masyarakat Lithuania. Hal ini antara lain dibuktikan dari antusiasme yang tinggi dalam menjawab kuis yang diajukan, serta tingginya minat dan keinginan para peserta yang hadir untuk berwisata ke Indonesia.

Tahun ini merupakan yang ketiga kalinya KBRI Kopenhagen berpartisipasi pada pameran wisata terbesar di Baltik, Adventur 2019, yang diselenggarakan di Vilnius, Lithuania, tanggal 25 – 27 Januari 2019. Pada pembukaan pameran, Perdana Menteri Lithuania, Saulius Skvernelis, menyampaikan bahwa pameran ini telah berkembang dengan jumlah exhibitor mencapai 1.000 partisipan dan akan meningkatkan konektivitas Lithuania melalui pembukaan jalur-jalur penerbangan baru.

Anjungan Indonesia seluas 35 m2 selalu dipenuhi pengunjung yang antusias menanyakan tentang Indonesia. Selain paket-paket wisata yang ditawarkan, dipromosikan juga berbagai kuliner Indonesia seperti Rendang Daging, Ayam Kalio, Dendeng Balado, Nasi Uduk, Semur Daging, Wedang Secang, Bubur Kacang Hijau, dan kopi Sumatera. Selain itu tari-tarian ditampilkan seperti Tari Jaipong, Tari Topeng, Tari Burung Enggang, dan juga menampilkan demo seni pahat oleh Made Sutama, seniman Indonesia yang menetap di Lithuania.

(ita/ita)