Hotel di Peru Kena Tanah Longsor Saat Pesta Pernikahan, 15 Orang Tewas

Lima – Tanah longsor menimpa sebuah hotel saat berlangsung pesta pernikahan di Peru. Setidaknya 15 orang tewas dalam peristiwa itu.

“Tanah longsor menerobos dinding hotel, menabraknya,” ujar Evaristo Ramos, Wali Kota Abancay, kota tempat hotel tersebut berlokasi.

Kepada radio lokal RPP seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (28/1/2019), Ramos mengatakan, sekitar 100 tamu telah diundang ke resepsi pernikahan yang digelar di Hotel Alhambra di kota Abancay, Peru tenggara pada Sabtu (26/1) waktu setempat itu.


Dikatakannya, 15 orang tewas dan 34 orang lainnya luka-luka dalam peristiwa tanah longsor tersebut.

Para petugas pemadam kebakaran, polisi dan warga setempat bekerja hingga larut malam untuk menyelamatkan orang-orang yang masih berada di bawah reruntuhan, lumpur dan batu-batu.

Kepala pertahanan sipil Jenderal Jorge Chavez mengatakan, para korban tewas terdiri dari 11 perempuan dan empat pria. Adapun pasangan pengantin Benedicta Palomino dan Bladimir Marquez mengalami luka-luka dan dalam kondisi stabil di rumah sakit.

Otoritas menyatakan, lokasi hotel tersebut memang sangat dekat dengan lereng bukit. Di wilayah tersebut, hujan lebat terus mengguyur selama lima hari hingga memicu tanah longsor.

Dilaporkan bahwa dinding penahan gedung hotel ambruk tertimpa tanah longsor, hingga menyebabkan atap hotel runtuh menimpa para pengunjung pesta di bawahnya.

(ita/ita)