Digigit Ular Sanca 1,5 Meter di Kloset, Perempuan Ini Tetap Tenang

Brisbane – Seorang wanita Australia mengalami luka-luka setelah digigit ular sanca sepanjang 1,5 meter di toilet rumahnya. Namun wanita ini menuai pujian dari pawang yang menangkap ular itu, karena tetap tenang usai digigit.

Seperti dilansir news.com.au dan newshub.co.nz, Jumat (25/1/2019), dalam insiden yang terjadi di Chapel Hill, Brisbane sebelah barat ini, Helen Richards (59) digigit ular di bagian bokongnya saat menggunakan kloset duduk. Richards tidak sempat menyalakan lampu karena dia hanya buang air kecil.

Segera setelah pawang ular datang, Richards mendapatkan semprotan antiseptik pada bekas gigitan ular tersebut. Sang pawang bernama Jasmin Zeleny menyebut ular sanca yang ada di kloset Richards itu merupakan jenis yang tidak beracun.

“Ular itu tidak menunjukkan perilaku defensif setelah insiden itu. Pawang ular tiba dengan segera, dengan membawa pertolongan pertama, jadi agar konsumen bisa segera membersihkan diri dan mendapatkan semprotan antiseptik pada bekas gigitan kecil yang ditinggalkan si ular,” tutur Zeleny via Facebook.
Pujian dilontarkan Zeleny untuk Richards dalam menghadapi situasi yang jelas membuat trauma itu. Zeleny menyebut Richards menangani situasi dengan tenang. “Beruntung bagi kami, konsumen tetap tenang dan ingat untuk tidak mem-flush toilet, karena mem-flush akan membuat ular masuk ke dalam pipa kembali,” ucapnya.

Setelah ular berhasil direlokasi dengan aman, ujar Zeleny, Richards masih sempat melontarkan lelucon soal dirinya. “Ular itu dipindahkan dan direlokasi dengan aman, dan konsumen menangani situasi seperti seorang juara sejati, bahkan memiliki rasa humor soal insiden itu,” ujarnya.

“Dia (Richards-red) mengatakan kebiasaannya di toilet akan berubah selamanya! Lampu akan menyala dan dia akan selalu melihat ke dalam kloset sebelum duduk,” imbuh Zeleny.

Ditambahkan pawang ular itu bahwa keberadaan seekor ular sanca di dalam kloset ‘jelas bukan peristiwa biasa’. Bahkan menurut sang pawang, insiden di rumah Richards ini menjadi insiden pertama yang mereka tangani dengan melibatkan ular sanca.

Namun, sang pawang memiliki dua nasihat untuk orang-orang yang terjebak dalam situasi serupa, yakni jangan menyentuh ular dan jangan mem-flush kloset.

“Jika Anda malah melakukan hal-hal ini, itu akan meningkatkan kesempatan bagi kami untuk tidak bisa mengakses sang ular jika ular itu masuk kembali ke dalam pipa. Turunkan penutup kloset, amankan dan panggil pawang ular,” tandasnya.

(nvc/ita)