Bendungan di Brazil Jebol, 200 Orang Hilang

Jakarta – Sekitar 200 orang hilang setelah satu bendungan di Brazil jebol pada Jumat (25/1) waktu setempat. Bangunan besar penahan air itu terletak di belahan tenggara Brazil, dekat kota Belo Horizonte.

Dilansir AFP, Sabtu (26/1/2019) lumpur menghambur di Kota Brumadinho karena bendungan jebol. Sejumlah orang dinyatakan tewas.

Petugas pemadam kebakaran menyampaikan kepada AFP, ada sejumlah laporan kejadian yang merenggut nyawa yang mereka terima. Mereka mengkonfirmasi soal “hilangnya sekitar 200 orang” setelah bendungan jebol.


Brumadinho dan area sekitarnya susah untuk diakses regu penyelamat. Lumpur yang mengalir bak sungai telah memotong jalur jalan. Lumpur juga membanjiri kawasan pertanian serta peternakan, dan juga merusak permukiman.
Helikopter-helikopter dikerahkan untuk mengevakuasi banyak orang yang terjebak di lumpur. Menteri lingkungan menyampaikan saat ini pemerintah sedang berkonsentrasi untuk menyelamatkan korban terdampak peristiwa itu.

“Memberi dukungan untuk kawasan terdampak, dan melindungi area penampungan air,” demikian pernyataan dari menteri lingkungan Brazil.

(dnu/zap)